Kota Malang dan Berita Jawa Timur

Untuk sebagian orang, membaca berita seperti tak ubahnya makan dan minum, tidak hanya menjadi keharusan namun juga suatu kebutuhan. Supaya apa? Ya apalagi kalau bukan mendapatkan informasi, sebagaimana pengertian dari teks berita yang umumnya kita ketahui. Mengutip dalam laman Wikipedia, berita merupakan sebagai informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut.


Informasi yang dimuat dalam teks berita sendiri dapat berupa kejadian yang saat ini terjadi ataupun yang telah terjadi. Dan berita umumnya disampaikan melalui dua jenis, secara lisan seperti yang sering kita dengar dan lihat di televisi, maupun secara tulisan seperti yang biasa kita baca di media cetak. Contoh media cetak seperti surat tempo, berita jawa timur, kompas, detik, dan lain-lainnya.

Contoh Berita

Berikut ini merupakan beberapa contoh berita, salah satunya diambil dari media berita jawa timur yakni jawa post

Malang Raya merupakan daerah terletak di Jawa Timur yang terbagi menjadi tiga bagian, yakni Kota Malang, Kabupaten Malang dan yang terakhir adalah Kota Batu yang dulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang. Malang Raya merupakan daerah yang berkembang dan memiliki beragam potensi, seperti alam, ekonomi, wisata maupun bidang lainnya. Ketika masa era kolonial Belanda, Malang Raya merupakan daerah yang berbentuk karesidenan, bentuk lama dari wilayah Karesidenan Malang. 

Pertama, malang mempunyai dialek bahasa yang unik. Masyarakat Malang Raya sama seperti penduduk Kota Malang, memiliki bahasa khasnya yang sering disebut dengan sebagai Boso Walikan. Bahasa ini adalah bahasa percakapan khas Malang yang berbeda dengan bahasa Jawa pada umumnya. Boso Walikan berarti membalikkan penulisan atau pengucapan kata. 

Kedua, kota ini mempunyai sejuta sejarah. Malang Raya dikenal dengan deretan cerita bersejarahnya yang amat panjang. Dimulai masa Hindu dan budba, serta beberapa kerajaan ternama di Nusantara berdiri di wilayah Malang Raya.

Kota malang juga menyimpan sejarah masa kolonial. Sejumlah bangunan Belanda dibiarkan kokoh berdiri, dan beberapa difungsikan sebagai hotel atau tempat layanan publik lainnya. Tak hanya itu, ada juga berbagai museum bersejarah seperti Museum Brawijaya, Museum Mpu Purwa, Museum Zoologi Frater Vianney dan lain-lainnya.

Ketiga, malang merupakan kota yang mempunyai kuliner yang lezat. Beberapa makanan khas Malang sudah sangat populer, bahlan dicap sebagai makanan legendaris  seperti Sate Gebug, Bakso Malang, Cwie Mie, Sego Resek. Kemudian museum angkut dan museum musik. Museum Angkut malang menawarkan konsep modern dan seru untuk dijadikan tempat liburan, mulai dari menemukan berbagai macam alat transportasi yang terdapat di seluruh dunia, hingga spot unik untuk berswafoto. 

Selain itu, ada Museum Musik Indonesia yang tak kalah menarik, terutama bagi penyuka music. Lalu disebut kota pelajar. Selain kota Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pelajar, Malang Raya juga dikenal dengan sebutan yang sama karena kota ini menjadi salah satu tujuan utama bagi mayoritas pelajar yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi, utamanya di pulau jawa. Di Malang terdapat sekitar 40 perguruan tinggi, seperti UIN Maliki, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan universitas lainnya.

Baca Juga : Seluk Beluk Terkait Berita Jawa Timur

Berbicara mengenai berita jawa timur, kita dapat kita menemukannya dari berbagai media massa cetak maupun elektronik. Topik yang diangkat seperti politik, kesehatan, internasional, pendidikan, budaya, dan bidang lain-lainnya.


Comments