Makna Doa Bapa Kami Katolik yang Harus Kalian Ketahui

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa doa Bapa Kami menjadi salah satu warisan paling berharga bagi umat Kristen dan Katolik. Ya jelas demikian, sebab doa tersebut menjadi doa pertama yang diajarkan oleh Tuhan Yesus Kristus kepada 12 muridnya. 

Maka dari itu, Doa Bapa Kami Katolik menjadi pedoman untuk seluruh umat kristiani sampai saat ini. Dalam sebuah kutipan Alkitab (tepatnya injil Matius 6:9-13), Doa Bapa Kami pun tertulis lengkap dalam Perjanjian Baru. 

Walaupun sederhana, namun Doa Bapa Kami mempunyai makna dan arti yang begitu mendalam bagi kehidupan kita lho. Mengapa demikian?


Pasalnya, doa tersebut menyimpan tujuh permohonan yang terbagi lagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama berisikan doa untuk memuliakan nama Tuhan, sedangkan bagian kedua tersemat doa untuk semua kebutuhan kita di dunia. 

Nah untuk mempersingkat waktu, mending kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai makna doa bapa kami. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Bapa Kami yang Ada di Surga

Pada bait yang pertama ini, umat Kristinai dianjurkan untuk memanggil Tuhan Yesus dengan Bapa. Sebab hal itu menggambarkan hubungan yang erat antara umat dengan Tuhan pencipta langit dan bumi, sekaligus Bapa yang ada di surga. Karena kasihnya, kita pun diangkat olehNya sebagai anak-anak yang istimewa dihadapanNya. 

2. Dikuduskanlah Nama-Mu

Adapun bait yang kedua ini bermakna untuk memuliakan Yesus sebagai Tuhan pencipta bumi dan seisinya. Bukan hanya itu, bait ini juga bertujuan untuk menghormati Tuhan sebagai priibadi yang suci tanpa noda.

Dikarenakan kekudusanNya, tentu saja kita sebagai umatNya tidak boleh menyebutkan nama Tuhan dengan sembarangan. 

3. Datanglah Kerajaan-Mu, Jadilah Kehendak-Mu di Atas Bumi Seperti di Dalam Surga

Melalui doa yang berikutnya ini, umat kristiani meyakni dan mengimani bahwa kehendak Tuhan pasti terjadi di muka bumi. Selain itu, kalimat ini juga menjadi harapan bagi umat kristiani kepada Tuhan agar Ia menjadikan kehendakNya terjadi di bumi. 

4. Berikanlah Kami Pada Hari Ini Makanan Kami yang Secukupnya

Ini merupakan doa agar Tuhan selalu memberikan rejeki dalam kehidupan kita sebagai umat manusia. Tak hanya itu, bait ini juga menjadi pengingat agar kita selalu fokus dalam meinta yang dibutuhkan, dan bukan yang diinginkan saja. 

5. Dan Ampunilah Kamu Akan Kesalahan Kami, Seperti Kami Juga Mengampuni Orang yang Bersalah Kepada Kami

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa Tuhan Yesus merupakan pribadi suci, kudus, dan benci terhadap perbuatan dosa. Maka dari itu, umat kristiani harus mengakui segala kesalahannya dengan jujur dihadapan Tuhan. Hal ini pun sudah tercantum dalam Al kitab Matius 6:14-15 yang berbunyi :

“Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu“.

6. Dan Janganlah Masukkan Kami ke Dalam Pencobaan, Tetapi Bebaskanlah Kami Dari yang Jahat

Pada kalimat penutup doa Bapa kami, kita sebagai umat kristiani harus meminta dan memohon kepada Tuhan untuk membimbing serta melepaskan kita dari segala kejahatan. 

Selain itu, kita juga harus menyerahkan diri kedalam bimbingan tanganNya agar dijauhkan dari segala kesalahan serta selalu taat kepadaNya. 

Nah, itulah berbagai makna dan arti dari Doa Bapa Kami. 






Comments