Inilah 8 Perusahaan Terbesar yang Ada di Indonesia!

Sebagai negara berkembang, Indonesia tentunya memiliki banyak sekali perusahaan yang bergerak dalam berbagai bidang dengan tujuan tertentu. Perusahaan ini tentunya hadir untuk memenuhi segala bentuk kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Dari perusahaan-perusahaan tersebut, pastinya ada beberapa perusahaan yang namanya sudah sangat besar dan tak asing lagi di telinga masyarakat. Berikut ini adalah 8 perusahaan terbesar yang ada di Indonesia!


1. PT Pertamina

perusahaan terbesar di indonesia

Hampir semua orang yang ada di Indonesia pasti mengenal atau setidaknya pernah mendengar nama dari perusahaan yang satu ini. Pertamina adalah perusahaan BUMN yang berdiri sejak tahun 1957 silam.

Bergerak di bidang eksplorasi, transmisi serta produksi minyak dan gas, PT Pertamina berhasil meraih laba hingga Rp35,9 triliun pada tahun 2018.


2. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

perusahaan terbesar di indonesia

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia, berhasil meraih reputasi sebagai bank terbaik di negara ini. Bank mandiri didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998 oleh pemerintah Indonesia, sebagai bagian dari program restrukturasi perbankan.

Sebagai bank terbesar yang ada di indonesia, bank Mandiri berhasil menyalurkan kredit hingga Rp 821,1 triliun dengan laba bersih hingga Rp27,5 triliun pada tahun 2019.


3. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk

perusahaan terbesar di indonesia

Siapa sih yang tidak kenal perusahaan yang satu ini? Bank Rakyat Indonesia merupakan perusahaan BUMN dan menjadi salah satu bank tertua yang ada di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 1896.

Bank Rakyat Indonesia berhasil mencapai nilai penjualan berupa penyaluran kredit hingga Rp 808,9 triliun dengan laba bersih hingga Rp32,4 triliun pada tahun 2018.

4. PT Bank Central Asia Tbk

perusahaan terbesar di indonesia

Masih dalam sektor perbankan, ada Bank Central Asia yang berhasil menempati peringkat pertama sebagai bank swasta yang terbesar di Indonesia. Didirikan pada 21 Februari 1957, BCA sebelumnya memiliki nama nV yang menjadi bagian dari Salim Group.

BCA berhasil memperoleh penyaluran kredit hingga Rp679,8 triliun dan laba bersih mencapai Rp25,9 triliun pada tahun 2018.


5. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

perusahaan terbesar di indonesia

Sepertinya perbankan menjadi satu-satunya sektor yang paling mendominasi dibanding perusahaan besar lain di indonesia. Kali ini ada BNI sebagai BUMN asal Indonesia yang memiliki berbagai cabang di luar negeri.

Dengan perkembangan yang begitu besar, BNI berhasil mencapai penyaluran kredit sebesar Rp512,51 triliun dengan laba bersih hingga Rp15 triliun pada tahun 2018.


6. PT Astra Internasional

perusahaan terbesar di indonesia

PT Astra Internasional merupakan perusahaan yang berdiri pada tahun 1957 dengan nama awal PT Astra International Incorporated. Perusahaan ini bergerak di bidang otomotif dan merupakan perusahaan terbesaar di Asia Tenggara yang bergerak pada sektor tersebut.


7. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk

perusahaan terbesar di indonesia

Bank Tabungan Negara atau BTN merupakan salah satu BUMN yang didirikan pada tahun 1897 dengan nama awal Postpaarbank atau bank tabungan post. Sempat dibekukan pada masa pendudukan Jepangm akhirnya bank ini berhasil diambil alih kembali dan berubah nama hingga tahun 1963.


BACA JUGA : Daftar Harga Emas Pada Kamis Di Pegadaian


8. PT Bank Danamon Tbk

perusahaan terbesar di indonesia

Terakhir, ada Bank Danamon yang berdiri pertama kali pada tahun 1956 dengan nama awal PT Bank Kopra Indonesia. Bank ini menjadi bank pertama di Indonesia yang memelopori penukaran mata uang asing dengan bank devisa pada tahun 1976.


Itulah beberapa perusahaan terbesar yang ada di Indonesia saat ini. Semoga artikel ini bisa memberikan pengetahuan tambahan bagi para pembacanya!


Comments