11 Ide Usaha Sampingan Karyawan dengan Modal di Bawah Rp. 2 Juta

Terkadang tuntutan kebutahan, membuat kita untuk memutar kembali pikiran agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, tidak sedikit orang yang bahkan menundanya terus menerus karena memikirkan ide dan budget yang cukup besar. 

ide usaha sampingan karyawan

Tentunya, Anda ingin mempunyai usaha sampingan yang tidak memerlukan modal yang banyak dan sifatnya hanya sebatas pekerjaan tambahan agar dompet semakin menebal. Lalu, apa saja usaha sampingan itu? Ini dia sederetan usaha sampingan yang bisa Anda lakukan.

Menyediakan jasa penerjemah

Usaha sampingan ini bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan, apalagi bagi Anda yang mempunyai keahlian bahasa asing yang baik. Anda hanya membutuhkan komputer dan koneksi internet dengan mencari klien dengan mendatangi situs freelancer.

Jasa fotografer

Hobi fotografi bisa Anda jadikan sebagai ide usaha sampingan dengan hanya bermodal kamera. Anda bisa menawarkan jasa fotografer untuk acara-acara pernikahan, lamaran dan ulangtahun.

Influencer

Sebagian besar orang hampir semuanya memiliki akun sosial media. Dengan memanfaatkan sosial media yang dimiliki, Anda bisa mendapatkan penghasilan melalui endorsement dan menjadi influencer.

Pembuatan konten

Konten yang paling umum adalah menulis blog yang bersifat SEO friendly. Jika Anda memiliki hobi menulis, membuat konten blog bisa Anda jadikan usaha sampingan.

Anda bisa memulainya dengan mengunjungi situs freelencer yang banyak menawarkan pekerjaan menulis konten blog.

Jasa desain grafis dan multimedia

Usaha ini tidak berbeda jauh dengan pembuatan konten, namun bedanya  pekerjaan ini mengharuskan Anda memiliki keahlian dalam menggambar dan edit foto dengan manggunakan software editing.

Reseller pakaian

Usaha sampingan selanjutnya adalah dengan menjadi reseller pakaian, yang bisa Anda lakukan di jam istirahat kantor atau sepulang kerja. Menjadi reseller Anda tidak perlu direpotkan dengan blusukan ke pasar, bahkan tidak perlu pusing untuk melakukan pengemasan dan pengiriman.

Instruktur olahraga

Jika Anda memiliki waktu luang, bisa dimanfaatkan dengan mengajar menjadi instruktur olahraga. Usaha sampingan ini cocok untuk Anda yang berbadan atletis dan hobi olahraga.

Anda hanya perlu bermodal pakaian olahraga saja untuk memberikan kepercayaan klinen saat melatih.

Kursus online

Apabila Anda memiliki kemampuan dan keahlian dalam suatu bidang, kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk menjadi ide usaha sampingan. Anda bisa memberikan kursus online yang bersifat webinar di waktu luang Anda.

Agency SPG

Usaha sampingan untuk karyawan selanjutnya adalah dengan menjadi agency SPG, karena jasa SPG saat ini masih cukup populer untuk acara-acara seperti pameran. Bahkan, Anda juga bisa menawarkan paket dengan jada MC dan kru event.

Jasa pembayaran online

Jika memiliki kartu keredit, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa pembayaran online untuk teman-teman Anda. Meskipun seorang karyawan sedikit sulit mendapatkan persetujuan pembuatan kartu kredit, namun cara ini bisa menjadi peluang yang baik sebagai ide usaha sampingan di masa yang serba digital ini.

Sewa kamar

Jika Anda memiliki rumah dengan sisa beberapa kamar yang kosong, ini bisa dimanfaatkan sebagai usaha sampingan untuk menyewakan kamar Anda agar dapat menambah penghasilan. Anda hanya perlu mempromosikan ke sosial media atau melakui situs sewa kamar seperti Airbnb dan Airy Rooms.

Penutup

Wah, nomor 11 sangat menarik ya, karena praktis dan tidak membutuhkan banyak waktu ya untuk melakukannya. Menurut Anda, usaha sampingan mana yang sesuai dengan Anda banget?


Comments