Mari Kita Hafalkan Doa Untuk Sehari-hari


Agar semua kegiatan kita menjadi ibadah, tentu saja harus diawali dan diakhiri dengan memanjatkan doa. Bukan hanya itu, berdoa di setiap kegiatan juga bertujuan untuk mendapatkan ridho dan keberkahan dari Allah SWT. 

Meski terlihat ringan, namun ritual berdoa ini memiliki keutamaan yang sangat luar biasa lho. Tapi sayang, ternyata masih banyak dari kalangan Muslim yang tidak membaca doa saat hendak memulai maupun mengakhiri aktivitasnya. 

Padahal, setiap Muslim dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT saat hendak melakukan aktivitas ataupun sesudahnya. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai kumpulan doa sehari-hari, mending kita simak saja langsung ulasan di bawah ini. 

1. Doa Sebelum Makan

Allahumma barik lanaa fimaa razaktanaa waqinaa ‘adza bannar.

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”

2. Doa Saat Makan Lupa Membaca Doa

Bismillahi fii awwalihi wa aakhirihi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”

3. Doa Setelah Makan

Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimin.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang Islam”

4. Doa Untuk Kedua Orangtua

Allohummaghfirli waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii soghiiroo.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (ibu dan ayahku), sayangilah mereka berdua seperti mereka menyayangiku di waktu kecil”

5. Doa Saat Melangkah ke Masjid

Allhooumma-aj fii qolbhii nuuronn wa fii lisaanii nuuroon wa fii bashorii nuuroon wa fii sam’ii nuuroon wa’an yamiinii nuuroon wa’an yasaarii nuuroon wa fauqii nuuro wa tahtii nuuroo wa amaamii nuuroon wa kholfii nuuroon waj-al lii nuuroon.

Artinya: “Ya Allah, semoga Engkau berkenan mengisi hatiku, lisanku, pandanganku, pendengaranku, arah dari sisi kananku, arah dari sisi kiriku, arah dari sisi atasku, arah dari sisi bawahku, arah dari sisi depanku, arah dari sisi belakangku adalah cahaya hidayah-Mu, dan semoga Engkau berkenan melindungiku dengan cahaya hidayah-Mu pula”

6. Doa Saat Menjenguk Orang Sakit

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-saafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Artinya: “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah ia. Hanya Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak sembuh lagi”


Baca juga: Keutamaan, Tata Cara, Dan Bacaan Istighfar Sholat Taubat


7. Doa Keselamatan Untuk Dunia dan Akhirat

Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, waqina ‘adzaa ban naar.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka”

8. Doa Saat Menaiki Kendaraan Darat

Subhaanalladzii sakhkhorolanaa hadzaa wamaa kunnaalahu muqriniina wainnaa ilaa robbinaa lamunqolibuun.

Artinya: “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami”

9. Doa Saat Menaiki Kendaraan Laut

Bismillahi majrohaa wamursahaa inna robbi laghofuurrohiim.

Artinya: “ Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih”

10. Doa Ketika Sedang Sakit

Allohumma robbannaasi adzhibil baksa isyfi Antassyaafii laa syifaa illa syifaauka la yughodiru sakoman.

Artinya: “Ya Allah, jika ajalku telah datang dalam sakitku ini, maka senangkanlah aku, jika masih jauh hilangkanlah penyakitku, dan jika sebagai cobaan, maka berikanlah kesabaran kepadaku”


Comments