8 Penyebab Payudara Nyeri Saat Menyusui

payudara-nyeri-saat-menyusui

Wartanesia.com - Menyusui adalah proses yang bisa menguatkan ikatan antara ibu dan anak. Seharunya proses menyusui ini berlangsung dengan nyaman, karena rasa nyaman dapat mempengaruhi produksi ASI.

Tetapi terkadang ibu menyusui merasakan sakit pada bagian payudaranya selama menyusui, sehingga mengakibatkan terganggunya proses menyusui.

Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan payudara nyeri saat menyusui?

Berikut dibawah ini 8 penyebab payudara nyeri saat menyusui diantaranya yaitu: 

1. Produksi ASI Terlalu Banyak


Saat produksi ASI meningkat maka seringkali menyebabkan ibu menyusui mengalami sakit pada bagian payudaranya.

Tetapi ibu tidak perlu cemas karena rasa nyeri ini nantinya secara perlahan akan menghilang saat payudara ibu menyusui sudah bisa menyesuaikan produksi ASI dengan kebutuhan asupan si Kecil.

Rasa nyeri ini biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam 3 bulan pertama menyusui.

2. Tongue Tie


Tongue Tie merupakan sebuah kelainan bawaan pada mulut yang menyebabkan bayi tidak bisa menggerakkan lidahnya secara leluasa.

Kondisi ini menyebabkan si kecil tidak bisa mengisap payudara ibunya dengan baik. Hal inilah yang menyebabkan payudara ibu sakit saat menyusui.

3. Payudara Bengkak


Membengkaknya payudara terjadi karena ASI yang menumpuk dibagian payudara terlalu banyak. Hal ini terjadi karena produksi ASI yang lebih banyak daripada yang dikeluarkan.

Terjadinya penumpukan ASI ini akan menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada bagian payudara, jika pembengkakan tersebut tidak segera diatasi dengan tepat, maka pembengkakan tersebut bisa berlanjut menjadi mastitis atau abses payudara.

4. Dermatitis Atau Eksim 


Adanya rasa nyeri dan gatal pada bagian putting susu kemungkinannya bisa menjadi tanda jika ibu menyusui sedang mengalami dermatitis atau eksim.

Terjadinya kondisi tersebut dikarenakan penggunaan sabun, lotion, krim, ataupun terkena kaporit saat sedang berenang.

Baca juga: 5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

5. Infeksi Jamur 


Payudara merasa sakit saat menyusui juga terjadi karena adanya infeksi jamur. Infeksi ini biasanya akan ditularkan dari mulut bayi yang sedang mengalami sariawan akibat infeksi jamur.

Jika kondisinya seperti itu baik ibu menyusui ataupun si kecil harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

6. Mastitis


Mastitis merupakan peradangan yang menyerang jaringan payudara. Kondisi mastitis ini seringkali dialami ibu yang sedang menyusui.

Saat payudara mengalami peradangan maka bagian tersebut akan merasakan nyeri, bengkak, dan kemerahan.

7. Bayi Tumbuh Gigi 


Saat bayi sudah mulai tumbuh gigi, gusinya itu akan melunak dan merasa nyeri, sehingga si kecil akan menggigit putting ibunya. Hal ini tentunya akan membuat putting ibu menjadi luka dan nyeri.

8. Penggunaan Bra Yang Tidak Tepat 


Saat ibu menggunakan bra yang terlalu ketat, bra tersebut akan menekan payudara dan menimbulkan rasa sakit. Hal ini tentunya bisa lebih parah jika bantalan pada bra tersebut tidak terbuat dari bahan yang lembut.

Setelah mengetahui penyebab payudara merasa sakit saat menyusui, maka saatnya ibu untuk mencari cara untuk meredakannya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan payudara nyeri saat menyusui seperti pastikan posisi bayi sudah benar saat menyusu, menyusui bayi tepat waktu, menjaga payudara tetap bersih dan kering, mengompres hangat dan dingin, dan menggunakan bra yang pas.

Jangan sampai rasa sakit pada payudara ini membuat ibu menyusui menjadi enggan untuk memberikan ASI pada si kecil.

Tips tips tersebut dipercaya cukup efektif untuk meredakan sakit payudara saat menyusui.

Baca juga: Inilah Cara Meningkatkan Kesuburan Pria

Comments