8 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan


Wartanesia.net - Kunyit putih yang hampir sama dengan jahe ini tidak hanya dapat digunakan sebagai bumbu untuk membuat makanan menjadi lebih sedap saja, tetapi juga dapat memberikan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh dan menangkal berbagai penyakit.

Bahan bumbu yang popular di Indonesia ini dipercaya ampuh dapat mengatasi berbagai penyakit seperti maag, asma, dan bahkan kanker.

Rempah jenis ini juga dipercaya dapat menangkal racun hingga dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Kunyit putih bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh, asalkan tidak berlebihan mengkonsumsinya.

Lalu manfaat kunyit putih untuk kesehatan yang katanya luar biasa itu seperti apa sih? Berikut dibawah ini 8 manfaat kunyit putih untuk kesehatan diantaranya yaitu:

1. Mengobati Sakit Maag


Munculnya sakit maag dikarenakan adanya luka di lambung yang mengakibatkan infeksi. Sudah sejak lama kunyit popular digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami.

Pasalnya bahan ini dapat menenangkan bakteri penyebab sakit maag dan juga menghindari infeksi.

2. Meredakan Nyeri Haid


Tidak sedikit wanita yang mengalami nyeri saat haid, jika hal tersebut dibiarkan pastinya akan menghambat produktivitas didalam menjalani kegiatan sehari hari.

Sebaiknya kondisi tersebut tidak dibiarkan berlarut larut, untuk mengatasinya bisa dengan memanfaatkan kunyit putih.

Rempah satu ini dapat memberikan efek pereda nyeri alami yang akan bekerja dengan cara melemaskan kontraksi Rahim penyebab kram perut.

Zat tersebut juga bisa membantu mengurangi hormone yang menjadi penyebab rasa sakit dan peradangan.

3. Menurunkan Berat Badan


Kandungan didalam kunyit putih juga dapat membantu menekan respons peradangan pada sel tubuh, termasuk lemak dan otot.

Reaksi ini dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan juga dapat menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan gangguan metabolis lain yang terjadi karena obesitas.

4. Dapat Menangkal Kanker 


Kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk membantu proses penyembuhan kanker karena didalam rempah tersebut adanya senyawa yang dipercaya dapat membunuh sel kanker seperti senyawa ethyl pmethocyvinnatate, kurkuminoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, dan flavonoid.

Baca juga: 5 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

5. Anti Racun


Kunyit putih juga berfungsi sebagai antitoxic dan anti racun, hal tersebut dapat dibuktikan dengan cara memanfaatkan kunyit putih sebagai penangkal bisa ular.

Cara kerja kunyit putih untuk menangkal bisa ular ini adalah dengan menghambat kerja racun, sehingga nantinya racun ular tersebut tidak akan mudah menyebar kedalam tubuh.

6. Obat Alergi


Kandungan zat curcuminoids didalam kunyit putih dapat dimanfaatkan sebagai anti alergi dan memang terbukti ampuh dapat mengatasi gejala alergi pada kulit.

Kunyit ini nantinya akan bekerja seperti antihistamin yang dapat menghambat aktivitas penyebab peradangan akibat alergi.

7. Mengatasi Asma


Dengan mencampurkan kunyit putih bubuk dengan segelas air hangat atau susu hangat, lalu meminumnya maka dipercaya ampuh dapat mengobati asma, flu, pilek, dan juga batuk.

Selain itu kunyit putih ini juga dapat mengobati gangguan pernapasan yang lainnya.

8. Mengurangi Jerawat


Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kunyit putih dipercaya dapat membunuh berbagai macam kuman penyebab munculnya jerawat diwajah dan masalah kulit lainnya.

Selain itu juga rempah ini dapat mengurangi minyak berlebih dengan memanfaatkannya sebagai masker wajah.

Selain itu masih ada manfaat kunyit putih untuk kesehatan yaitu dapat menghambat proses penuaan.

Ternyata tidak hanya kunyit kuning saja yang kaya akan manfaat karena seringkali dijadikan bahan untuk jamu. Tetapi manfaat luar biasa juga bisa didapatkan dari kunyit putih.

Comments