Ciri-Ciri Orang yang Akan Melakukan Bunuh Diri


Wartanesia.net - Bunuh diri adalah tindakan yang umumnya di dasari dengan adanya gangguan kejiwaan yaitu depresi. Maka dari itu jika tingkat depresi sudah semakin parah bisa saja sangat rentan untuk melakukan bunuh diri.

Agar dapat meminimalisir kejadian juga mengantisipasi ataupun menghindarkan orang terdekat, kerabat ataupun orang yang berada disekitar anda melakukan bunuh diri, sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana atau apa saja ciri-ciri orang yang akan melakukan bunuh diri.

Sangat di sayangkan jika kita mendengar di suatu media massa, sosial ataupun berita di tv mengenai terjadinya kejadian bunuh diri karna depresi atau lain sebagainya.

Untuk itu, kita jangan menjadi orang yang cuek dan tidak memperhatikan orang disekitar kita, karna tak ada salahnya untuk saling mengingatkan, membantu dan juga memberikan semangat pada siapapun yang membutuhkannya.

Yuk bersama kita kenali dan ketahui ciri-cirinya, langsung saja simak artikel berikut ini.

Dapat dilihat bahwa seringnya melakukan aktivitas – aktivitas kegiatan yang berbahaya untuk dirinya sendiri, misalnya seperti meminum beberapa obat dengan tidak terkendali, melakukan seks dengan tidak aman, bahkan berkendara dengan kecepatan tinggi yang bukan hanya merugikan diri sendiri namun bisa melukai orang lain juga, dengan adanya ciri-ciri tersebut bisa saja seseorang memiliki keinginan untuk mati.

Adanya krisis kepribadian, dimana seseorang akan merasa tidak percaya diri, selalu menganggap bahwa dirinya tidak berguna bagi orang lain maupun dirinya sendiri dan juga sering menyalahkan dirinya sendiri, hal seperti berikut akan menimbulkan keputus asaan dan menjadi pemicu untuk bunuh diri.

Ciri-ciri selanjutnya adalah perubahan kepribadian yang sangat cepat baik itu dari rutinitasnya ataupun kebiasaan sehari - harinya, misalnya seseorang yang tadinya pendiam namun tiba-tiba jadi ceria dan melakukan banyak hal, ataupun yang tadinya ceria dan terbuka kemudian tiba – tiba menjadi pemurung dan menyendiri.

Biasanya orang yang akan bunuh diri akan menunjukan prilaku yang berbeda dari sebelumnya. Rasa kehilangan juga akan dirasakan pada seseorang yang akan mengakhiri hidupnya, seperti hilangnya keyakinan untuk beragama, hilangnya minat atau ketertarikan pada aktivitas sebelumnya, hilangnya juga rasa ketertarikan pada orang lain, rasa yang seperti itu akan muncul jika seseorang sangat merasa depresi dan tidak percaya dengan apa yang ada.

Baca juga: 7 Arti Mimpi Orang Meninggal, Pertanda Apa Ya Kira-kira?

Kemudian selain itu, sebelum melakukan bunuh diri biasanya seseorang akan memberikan sebuah hadiah sebagai kenang-kenangan kepada orang terdekatnya.

Secara sadar ataupun tidak, seseorang yang akan bunuh diri akan lebih sering berbicara mengenai kematian, entah itu menceritakan keinginannya tuk menghilang, berbagai cara untuk mati ataupun membicarakan berbagai ucapan duka cita disetiap obrolannya.

Perubahan yang drastis pada pola makan dan tidur juga menjadi ciri – cirri pada orang yang akan bunuh diri, maka dari itu perhatikan orang disekitar anda, jika sudah terlihat gejalanya maka sebaiknya anda dekati untuk diajak bicara dengan baik agar menghindari keinginan bunuh diri yang semakin besar.

Selain itu berkurangnya harapan akan masa depan, karna seseorang yang akan bunuh diri tidak butuh lagi masa depan sehingga dia tidak akan menginginkan dan mengharapkan masa depan.

Dan yang terakhir terlihat putus asa pada waktu yang lama, melihat kerabat atau orang terdekat yang sering putus asa dalam segala hal sebaiknya jangan dianggap hal yang spele, karna jika dibiarkan dapat terus berlanjut dan memiliki keinginan untuk mengakhiri hidupnya.

Baca juga: Selain Sebagai Antioksidan, Berikut Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan  

Comments