Selain Sebagai Antioksidan, Berikut Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan

Wartanesia.net - Biasanya jeruk nipis menjadi pelengkap saat kamu akan mengkonsumsi soto atau bisa juga mencampurkannya dengan teh untuk menjadi lemon tea.

Jeruk nipis termasuk kedalam keluarga buah jeruk dan menjadi sumber antioksidan yang sangat baik.

Antioksidan didalam jeruk nipis ini dapat membantu melindungi tubuh kamu dengan cara mencegah ataupun menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, ataupun bahan kimia yang dapat merusak sel.

Tetapi manfaat jeruk nipis ini tidak hanya sebagai sumber antioksidan yang baik saja, karena masih banyak manfaat lain yang ditawarkannya.

Berikut manfaat jeruk nipis untuk kesehatan:

1. Meremajakan Kulit


Terkandung vitamin C dan flavonoid, serta antioksidan didalam jeruk nipis yang memperkuat kolagen. Dengan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis bisa membantu melembabkan dan meremajakan kulit.

Vitamin C dan flavonoid juga bisa kamu temukan didalam beberapa produk perawatan kulit topical.

Pastikan kamu tidak mengaplikasikan jus jeruk nipis langsung ke area kulit karena adanya paparan sinar matahari setelah mengaplikasikannya bisa menyebabkan phytophotodermatitis atau luka bakar jeruk nipis yang menimbulkan rasa sakit.

2. Memerangi Infeksi


Selama musim hujan seperti ini resiko kamu untuk terkena infeksi lebih tingkat tinggi. Jika kamu ingin tetap sehat sepanjang hari, jangan ragu untuk minuma jus jeruk nipis.

Kandungan vitamin C dan antioksidan didalam jeruk nipis bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu dan membantu tubuhmu bisa melawan infeksi seperti flu dan virus flu. Ini juga bisa mempersingkat durasi sebuah penyakit.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan


Pastinya setiap orang ingin memiliki berat badan yang sehat. Tetapi sayangnya untuk menurunkan berat badan ini tidak semudah seperti yang diucapkan.

Tetapi tidak perlu khawatir karena untuk bisa mendapatkan berat badan yang sehat bisa dengan memanfaatkan air jeruk nipis.

Adanya asam sitrat didalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme, sehingga dapat membantu kamu untuk membakar kalori lebih banyak dan menyimpan lebih sedikit lemak.

Baca juga: 8 Manfaat Daun Pepaya untuk kesehatan

4. Menurunkan Gula Darah


Jeruk nipis ini merupakan sumber vitamin C yang sangat baik sehingga dapat membantu penderita diabetes.

Kandungan indeks glikemik rendah didalam jeruk nipis bisa membantu mengatur bagaimana tubuh kamu menyerap gula kedalam aliran darah.

Sehingga kemungkinannya menyebabkan kamu mengalami lebih sedikit lonjakan gula darah.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung


Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan potassium yang baik, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Kalium didalam jeruk nipis secara alami dapat membantu menurunkan tekanan darah dan juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga nantinya dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke.

6. Mencegah Kanker


Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan lainnya adalah dapat mencegah kanker. Kanker merupakan pertumbuhan sel sel abnormal yang tidak terkontrol dan bisa berkembang pada berbagai bagian tubuh seperti payudara, paru paru, dan ginjal.

Dengan mengkonsumsi air jeruk nipis maka akan dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker dan juga membantu kamu untuk melawan penyakit ini.

Jeruk nipis memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu masih ada manfaat lainnya dari jeruk nipis bagi kesehatan seperti dapat mengurangi peradangan.

Kandungan vitamin C didalam jeruk nipis dapat mengurangi tingkat peradangan didalam tubuh kamu, sehingga dengan menambahkan jeruk nipis kedalam air maka akan dapat membantu untuk meredakan gejala radang sendi dan kondisi sama yang menyebabkan sendi merasa nyeri dan kaku.

Baca juga: 8 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Comments