7 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan


Wartanesia.net - Untuk hidup sehat itu sebenarnya mudah, murah bahkan gratis. Dimana, untuk hidup sehat ini anda bisa memanfaatkan sinar matahari yang setiap harinya selalu muncul di siang hari.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari sinar matahari ini, anda bisa berjemur di pagi hari. Lalu apa saja manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

1. Mengurangi Gula Darah


Manfaat berjemur di pagi hari yang pertama adalah bisa mengurangi kadar gula dalam darah. Dimana, sinar matahari pada pagi hari ini merupakan insulin alami yang dapat memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh.

Hal inilah yang bisa merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen yang kemudian disimpan di hati serta otot. Proses inilah sebagai turunnya kadar gula darah.

2. Sinar Matahari Mengandung Vitamin D


Manfaat berjemur di pagi hari selanjutnya adalah untuk bisa mendapatkan vitamin D secara gratis dan sebanyak yang anda inginkan.

Pada saat sinar ultra violet disaring di kulit, sinar matahari tersebut akan merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D.

Dalam hal ini, menerima paparan sinar matahari selama 5 menit saja sama artinta dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh anda.

3. Sinar Matahari Bisa Membentuk dan Memperbaiki Tulang


Selain mengandung vitamin D, sinar matahari juga bisa menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan dengan semakin meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari bisa meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh anda.

Sehingga kondisi ini bisa menjadi cara dalam pembentukan serta perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti osteonalacia dan rakhitis.

4. Sinar Matahari Meredam Kolesterol Darah


Sinar ultra violet ini bisa meredam kolesterol darah. Hal ini merupakan kelanjutan dari proses di atas. Setelah kolesterol dibawah kulit dirubah menjadi vitamin D, lalu otak dan tubuh akan memberikan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Sehingga dari proses inilah kadar kolesterol dalam darah bisa dikontrol dengan baik.

Baca juga: Selain Sebagai Antioksidan, Berikut Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

5. Sinar Matahari Bisa Meningkatkan Kebugaran Pernapasan


Manfaat berikutnya adalah untuk meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan.

Selain itu, sinar matahari ini juga mampu meningkatkan kebugaran pernapasan karena jumlah glikogen akan bertambah sesudah berjemur di bawah sinar matahari.

6. Sinar Matahari Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Pada saat kulit anda terpapar sinar matahari pagi, akan terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit yang berfungsi untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Sehingga secara tidak langsung antibodi pun akan meningkat.

Dan kondisi seperti ini akan bertahan hingga 3 minggu kedepan. Bahkan menurut peneltian, untuk mendapatkan manfaat sinar matahari pagi ini dengan berjemur selama kurang lebih 10 menit.

Lakukan cara ini hingga dua kali dalam seminggu sehingga bisa mengurangi risiko terkena flu hingga 30-40%.

7. Akan Membuat Tidur Lebih Nyenyak


Manfaat sinar matahari pagi selanjutnya adalah bisa membuat tidur anda lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan produksi hormon melatonin yang meningkat. Dimana, Melatonin ini merupakan hormon yang membantu tidur nyenyak di malam hari.

Sedangkan itu, produksi hormon melatonin sangat tergantung pada paparan sinar matahari di pagi hari. Jadi, itu semua sangat tergantung pada beberapa banyak sinar ultra violet pagi masuk ke dalam tubuh.

Itulah manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untukmu ya.

Comments