Ingin Berkunjung ke Makassar? Jangan Lewatkan 4 Makanan Lezat Khas Makassar Ini!

4-makanan-khas-makassar

Wartanesia.net - Selain memiliki banyak tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, Makassar juga juga memiliki berbagai macam kuliner yang enak dan lezat yang patut Anda coba saat berkunjung ke Makassar. Maka dari itu, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang beberapa makanan khas Makassar. Yuk disimak!

1. Kapurung

Makanan khas Makassar yang pertama adalah Kaparung. Makanan yang memiliki citarasa manis dan asam ini banyak disukai orang banyak. Kapurung ini merupakan sajian makanan berupa daging ayam yang dicampur dengan berbagai macam sayuran dan sari atau tepung sagu. Kapurung ini merupakan sajian makanan tradisional khas Sulawesi Selatan, terutama di daerah Luwu, kota Palopo. Untuk bisa menikmati Kapurung ini, anda bisa mengunjungi Rumah Makan Kapurung Aroma Palopo yang berlokasi di BTP Bumi Tamalanrea Permai Jalan Tamalanrea Raya Blok C N0.12A, Tamalanrea, Makassar, kota Makassar, Sulawesi Selatan.  

2. Konro 

Makanan khas Makassar lainnya adalah Konro. Makanan ini tidak cocok bagi anda yang menyukai makanan vegetarian. Karena memang makanan ini terbuat dari bahan iga dan daging sapi yang direbus bersama kayu manis, air asam jawa dan berbagai bahan lainnya, termasuk kulawak. Dimana, kulawak ini biasanya sering dijadikan bumbu dasar untuk rawon Jawa Timur. Makanan yang kaya akan rempah-rempah ini akan lebih nikmat jika dinikmati saat masih panas. Untuk bisa menikmati Konro ini, anda bisa coba mengunjungi Konro Karebosi yang berada di Jl. Gunung Lompo Battang No. 41-43, Pisang Utara, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Tempat makan ini buka mulai jam 10.00-22.00 WITA. Harganya juga cukup murah, yakni hanya Rp 30 ribu saja per porsi. 

3. Sop Saudara

Memang makanan yang satu bukan dari Makassar, namun merupakan kuliner khas Pangkep, Sulawesi Selatan. Namun hal tersebut tidaklah terlalu penting, karena yang penting makanan ini memiliki citarasa yang sangat enak dan lezat. Anda bisa menikmati Sop Saudara ini di Warung Jalan Irian. Dimana, warung ini buka setiap hari nonstop selama 24 jam dan sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Di warung ini akan disajikan Sop Saudara dengan perpaduan antara daging sapi yang berkuah dan dicampur dengan bihun serta adonan kentang sudah digoreng. Apalagi ditambah dengan nasi putih yang dijamin akan sangat memuaskan. Harganya juga cukup murah yakni hanya Rp 15 ribu per porsi.

4. Coto Makassar

Makanan khas Makassar selanjutnya adalah Coto Makasar. Rasanya kurang afdhol jika jalan ke Sulawesi Selatan tanpa mencicipi Coto Makassar. Makanan khas Makassar yang satu ini akan memberikan kesan yang mendalam bagi siapa saja yang menikmatinya. Karena makanan ini kaya akan rempah-rempah yang mnembuat citarasa Coto Makassar ini semakin maknyus. Untuk bisa menikmati makanan ini, anda bisa coba mengunjungi Coto Nusantara dengan potongan daging yang besar ditambah dengan kuah yang sangat kental dan daun bawang serta bawang gorengnya yang terpisah. Tempat makan ini berlokasi di Jl. Nusantara Baru No. 142, Ende, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.  Selain enak dan gurih, harganya juga cukup murah yakni hanya Rp 15 ribu per porsi. Tempat makan ini beroperasi mulai pukul 06.30-18.00 WIB. 

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang makanan Khas Makassar. Nah, bagi Anda yang akan berkunjung ke Makassar bisa mencoba makanan di atas.

Baca juga: Resep Yangko, Makanan Khas Jogja yang Manis dan Kenyal!


Comments