Resep dan Cara Membuat Semur Jengkol Pedas dan Nikmat

resep-dan-cara-membuat-semur-jengkol
Semur Jengkol Pedas dan Nikmat

Wartanesia.net - Kamu suka makan semur jengkol? Makanan khas Indonesia yang satu ini merupakan kuliner populer di Pulau Jawa yang amat digemari. Namun ternyata, untuk memasaknya dibutuhkan ketelatenan lho! Pasalnya, jengkol memiliki aroma menyengat dan tekstur yang lembek. Saat jengkol tidak diolah dengan benar, semur yang dihasilkan akan terasa alot dan bau. Lalu bagaimana resep dan cara mengolah jengkol agar terasa nikmat?

Dalam artikel kali ini, Wartanesia.net akan mengulik satu per satu cara mengolah jengkol sebelum dimasak. Setelah itu kami juga akan memberikan resep dan cara membuat semur jengkol yang pedas dan nikmat. Penasaran? Disimak ya!

Tips Mengolah Jengkol Sebelum Dimasak

Sebelum mengolah jengkol menjadi santapan lezat seperti semur jengkol pedas, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu agar tekstur jengkol empuk dan baunya tidak menyengat. Hal-hal yang bisa dilakukan antara lain:

1. Rendam Jengkol Seharian dan Rebus Bersama Daun Jeruk

Sebelum dimasak, jengkol direndam terlebih dahulu selama seharian. Rendam hingga kulitnya mudah mengelupas. Setelah direndam, rebus jengkol dengan daun jeruk secukupnya. Daun jeruk tersebut berfungsi untuk menghilangkan bau menyengat dari jengkol. Jika jengkol dirasa telah empuk, geprek jengkol dan jengkol tersebut pun siap untuk diolah ke dalam resep jengkol yang nikmat.

2. Rendam Jengkol dalam Air Garam dan Rebus Bersama Daun Salam

Jengkol juga bisa direndam selama semalaman dengan air dan garam. Kemudian jengkol direbus dengan daun salam dan kopi hitam selama 40 menit. Tetapi jika sedang tidak ada kopi hitam, menggunakan daun salam juga dirasa sudah cukup. Sama dengan daun jeruk, metode ini bisa membantu menghilangkan bau menyengat dari jengkol dan membuat teksturnya lebih empuk sebelum dimasak.

Setelah mengetahui cara menyiapkan jengkol sebelum diolah ke dalam masakan yang nikmat, sekarang kita akan membahas resep dan cara membuat semur jengkol pedas yang nikmat. Catat bahan-bahan dan langkahnya di bawah ini ya!

Resep dan Cara Membuat Semur Jengkol Pedas

1. Bahan Bahan yang Diperlukan

Bahan Utama:
- Jengkol 1 Kg
- Daun jeruk 4 lembar
- Kecap manis 3 sdm
- Daun salam 2 lembar
- Garam secukupnya
- Gula pasir secukupnya
- Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Bumbu Halus:
- Cabai rawit 10 buah
- Bawang merah 8 siung
- Bawang putih 5 siung
- Cabai merah keritong 3 buah
- Kemiri 3 butir
- Merica 1 sdt. 

2. Cara Mudah Membuat Semur Jengkol

  • Siapkan jengkol yang telah direndam dengan metode yang kamu pilih di atas.
  • Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daun jeruk dan daun salam dan aduk-aduk hingga harum dan bumbunya matang. Tuangkan sedikit air supaya bumbunya tidak gosong.
  • Masukkan jengkol, lalu tuangkan air kurang lebih 150 ml, kemudian masak hingga airnya berkurang.
  • Tuangkan kecap manis, lalu diaduk rata. Koreksi rasa, kemudian masak lagi hingga mengental kuahnya.
  • Semur jengkol siap disajikan!
Bagaimana? Mudah sekali bukan? Tak perlu khawatir dengan bau jengkol yang menyengat, karena kini kamu sudah tau bagaimana cara mengolah jengkol agar tidak berbau menyengat dan teksturnya empuk. Hidangan di atas juga sangat cocok untuk disajikan pada menu sehar-hari keluarga. Selamat mencoba yaa!


Comments