Bagaimana Sih Cara Cek IMEI Handphone? Yuk, Kita Cari Tahu

cara-cek-imei-hp

Wartanesia.net - Sejatinya, masih banyak dari pengguna ponsel pintar yang belum terlalu familiar dengan istilah IMEI. International Mobile Equipment Identity atau yang disingkat dengan nama IMEI, merupakan nomor identitas khusus yang telah dibuat oleh asosiasi GSM (GSMA) pada tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen hp.

Dengan kata lain, setiap ponsel telah memiliki nomor IMEI untuk mengidentifikasi ponsel, bahkan Negara Indonesia sendiri melalui Kemenperin (Kementerian Perindustrian) akan menggunakan IMEI untuk pemblokiran terhadap ponsel BM alias black market! Namun yang menjadi pertanyaannya, bagaimanakah cara cek imei handphone? Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor IMEI seperti di bawah ini:

Cara Cek IMEI Handphone

1. Melalui Kode Dialing *#06#

- Pertama-tama masuk ke menu “Dialer” pada layar hp android

- Setelah itu ketik *#06#, lalu tekan tombol telepon (Call / Panggil)

- Dengan demikian, maka nantinya otomatis akan muncul informasi seputar IMEI

2. Melalui Menu Pengaturan Ponsel

- Pilih menu “Settings” yang berupa kotak merah di layar hp kamu

- Setelahnya pilih opsi “About Phone”

- Untuk mengetahui IMEI hp androidnya, silahkan pilih opsi “Status”

Fungsi Nomor IMEI Handphone

1. Untuk Mengetahui Identitas HP

Jika kamu bingung dalam mencari tahu identitas hp lewat mana, maka nomor IMEI yang tertera pada box (kardus), baterai, maupun pada bodi bagian belakangnya bisa kamu gunakan. Untuk mendapatkan informasi seputar identitas hp secara mendetail, silahkan kunjungi situs www.imei.info

2. Untuk Mengecek Garansi

Tak hanya sebagai identitas hp, keberadaan nomor IMEI tersebut juga bisa kamu manfaatkan untuk mengecek garansi.

3. Melacak Keberadaan HP Yang Hilang

Manfaat berikutnya dari nomor IMEI yang harus kalian ketahui, yakni dapat melacak keberadaan hp yang hilang. Dalam hal ini, kamu harus menghubungi dulu pihak provider kartu SIM yang digunakan, serta meminta untuk memblokir hp yang hilang melalui nomor IMEI.

Itu dia informasi seputar cara cek IMEI handphone dan fungsi dari nomor IMEI tersebut. Sekarang kamu sudah lebih tau kan? Cek nomor IMEI handphone mu sekarang yuk!

Comments