7 Makanan Khas Jawa Yang Patut Anda Coba

7 Makanan Khas Jawa Yang Patut Anda Coba

wartanesia.net - Setiap Suku yang ada di Indonesia tentunya memiliki beranakeragam budaya yang dimilikinya. Termasuk Suku Jawa yang merupakan suku terbesar di Indonesia. Salah satu kebudayaan Jawa yang terkenal adalah kulinernya. Banyak makanan tradisional Jawa yang memiliki citarasa yang khas. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang makanan khas Jawa yang patut anda coba sebagai berikut ini :

1. Rawon Nguling 

Makanan tradisional Jawa pertama adalah Rawon. Rawon ini terbuat dari olahan daging sapi berupa sup daging berkuah hitam. Dimana, kuah hitam ini dihasilkan dari perpaduan bumbu yakitu kluwek. Jika kebetulan anda sedang berkunjung ke Malang, anda bisa mampir terlebih dahulu untuk makan Rawon Malang di waring makan terkenal, yakni Rawon Nguling Malang.  Perlu diketahui bahwa Rawon Nguling Malang ini sudah eksis sejak tahun 1983. Sesuai dengan namanya, tempat makan ini berasal dari Kecamatan Nguling, kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

2. Bakpia Pathuk

Makanan tradisional Jawa selanjutnya adalah Bakpia Pathuk. Makanan tradisional dari Jogja ini terbuat dari campuran kacang hijau serta gula yang dibalut dengan kulit, dan terbuat dari tepung lalu dipanggang nikmat di mulut. Makanan yang satu ini memiliki tekstur yang krispi di luar serta lembut di dalam sehingga dijamin bisa memanjakan lidah anda. Bakpia Pathuk ini terdiri dari beberapa varian rasa isi pilihan, seperti keju, durian, cokelat, dan masih banyak lagi. Hal ini tentunya untuk menyesuaikan dengan para pembeli yang memiliki selera berbeda-beda sehingga para pelanggan merasa puas. 

3. Mie Lethek

Dari segi tampilan, Mie Letek ini mirip dengan Bakmi Jawa. Dimana, makanan khas Jogja ini terbuat dari bahan dasar bihun yang berwarna kecokelatan sehingga terlihat kotor. Hal inilah mengapa disebut dengan nama Mie Lethek yang artinya mie kotor. Warna kecoklatan ini berasal dari tepung ketela. Sehingga tidak aneh kalau Mie Lethek ini termasuk makanan sehat dibandingkan dengan jenis bakmi lainnya.

4. Bakpao Boldy

Makanan khas Jawa lainnya yang cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh adalah Bakpao. Makanan enak dan lembut ini disajikan dengan berbagai varian rasa yang terdiri dari varian manis dan gurih. Di Malang, ada salah satu bakpao legendaris yang sudah eksis pada tahun 1950, yakni Bakpao Boldy.

5. Rawon Brintik

Makanan Jawa yang tidak kalah enaknya dan harus anda coba adalah Rawon Brintik. Menyantap sepiring nasi dengan daging sapi empuk dari Rawon Brintik ini akan semakin terasa lebih nikmat sambil ditemani sepotong tempe goreng renyah dan kerupuk udang. Ditambah dengan kuah hitam kental dengan bumbu rempah yang nikmat sangat cocok sekali bila disantap saat cuaca di Malang sedang dingin. 

6. Kue Adrem

Makanan yang unik berasal dari Kecamatan Sanden, Bantul. Kue Adrem ini terbuat dari bahan tepung beras dan gula jawa merah yang digoreng. Kue ini memiliki citarasa cukup manis dan sedikit gurih dan saat digigit akan terasa legit di mulut. Bukan hanya itu, kue ini juga memiliki bentuk yang unik sehingga sering disebut kue Tholpit. Makanan ini akan lebih nikmat jika disantap sambil ditemani oleh segelas minuman teh panas maupun kopi agak pahit.

7. Nasi Gandul

Makanan tradisional Jawa yang terakhir adalah Nasi Gandul. Yang mana, Nasi Gundul ini merupakan makanan tradisional dari Pati, Jawa Tengah. Cara penyajiannya juga cukup unik, yakni dengan menggunakan daun pisang. Rasanya yang gurih yang dipadukan dengan kuah yang segar serta lauk berupa daging dijamin akan bisa mengocok perut anda yang sedang lapar. 

Begitulah rekomendasi makanan khas jawa yang harus anda coba, karena cita rasa makanan khas jawa ini merupakan makanan yang sangat digemari ketika kita menghabiskan waktu weekend.




Comments