pekerja non esensial dilarang untuk menaiki KRL

Sudah sekitar satu minggu PPKM Darurat diberlakukan pemerintah untuk wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali guna menekan angka penularan Covid-19. Tentu saja, sektor bisnis menjadi salah satu sektor yang harus melakukan penyesuaian. Maka dari itu, berita bisnis hari ini pun akan memberikan update seputar kebijakan ini serta pengaruhnya terhadap para pekerja.

Pada hari Senin, 5 Juli 2021, petugas memberikan himbauan untuk mengenakan masker. Petugas tersebut menggunakan pengeras suara dan meminta calon penumpang untuk menggunakan masker sekaligus menjaga jarak ketika sedang antri berjaga sebelum menaiki kereta rangkaian listrik pada masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di stasiun Bekasi, Kota Bekasi. Jumlah penumpang KRL pada hari Senin pertama PPKM Darurat.

Berita bisnis hari ini sepanjang pagi hingga siang hari, Jumat 9 Juli 2021 dimulai pemberlakuan terbaru yang menyebabkan mulai hari Senin depan, penumpang KRL hanyalah pekerja yang bekerja di sektor esensial saja. Berikutnya terdapat juga berita tentang rencana untuk menutup gerai Pao Pao Jakarta serta penyebab kantor Kementan gagal untuk disegel meskipun terdapat 600 pegawai yang terinfeksi covid-19. Sementara itu, terdapat juga berita mengenai Dahlan Iskan yang menyoroti kenaikan kasus Covid1-9 dan penjelasan dari Wakil Menteri BUMN mengenai kondisi keuangan sejumlah perusahaan pelat merah yang sedang tidak sehat.

Kelima topik ini menjadi topik yang paling banyak menyedot perhatian pembaca. Maka dari itu, berikut pemaparan dari berita-berita tersebut.

1. Per 12 Juli, warga yang tidak termasuk sebagai kategori pekerja sektor esensial dilarang untuk menaiki KRL

Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran Nomor 50 tahun 2021 tentang perjalanan orang dalam negeri untuk sektor perkeretaapian. Melalui peraturan tersebut, dijelaskan bahwa perjalanan transportasi menggunakan kereta api untuk wilayah Jabodetabek akan dikhususkan bagi penumpang yang termasuk sebagai pekerja di sektor esensial dan kritikal. Peraturan ini berlaku pada Senin, 12 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021.

2. Pao Pao Jakarta mengumumkan penutupan gerainya

Melalui instagram @paopaojkt, Kamis 8 Juli 2021 Pao Pao Jakarta memberikan informasi resmi tentang penutupan gerainya. “Dengan berat hati kami menginformasikan penutupan kedai dimsum kami, Pao Pao” tulis pihak manajemen Pao Pao melalui instagram resmi mereka. Pao Pao sendiri merupakan bar yang menyediakan berbagai macam dim sum dan minuman yang berlokasi di Senopati, Jakarta Selatan.

3. Kantor Kementan batal disegel: Satgas tidak berani bertanggung jawab terkait masalah pangan?

Kepala Biro Umum dan Pengadaan Kementerian Pertanian atau Kementan Akhmad Musyafak menjelaskan adanya alasan pembatalan penyegelan kantor Kementan oleh Satgas Covid-19. Musyafak menjelaskan bahwa Satgas Covid-19 mempertimbangkan tugas serta fungsi Kementan yang harus memastikan stok pangan. Sebelumnya, Satgas Covid-19 menyegel kantor Kementan karena ada laporan bahwa 600 pegawai terkonfirmasi positif Covid-19.

4. Dahlan Iskan menyebutkan bahwa Indonesia sudah menjadi Juara Dunia Covid-19, penyebabnya apa?

Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan menyoroti kenaikan kasus Covid-19 yang muncul di Indonesia. Ia menyebut Indonesia sebagai Juara Dunia Covid-19. Dilansir dari laman covid19.go.id, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai 2.427.778 pada hari Kamis, 8 Juli 2021. Angka tersebut naik sebanyak 38.391 dibandingkan yang sebelumnya.

5. Kondisi BUMN Karya memprihatinkan sehingga Wamen berpendapat Waskita dan Perumnas sangat tidak sehat.

Kondisi keuangan sejumlah BUMN Karya sedang tidak dalam kondisi baik. Kementerian BUMN menyebutkan bahwa penyebabnya ialah adanya kontrak baru dan penjualan di perusahaan alat perah yang masih terdampak pandemi.


Comments