Sudah Tahu Mandi Junub? Inilah Doa Mandi Junub dan Tata Cara yang Benar

Mungkin sudah sangat biasa bagi kita umat muslim jika mendengar kata “Mandi Junub”, namun mendengar saja tidak cukup bagi pengetahuan. Mari kita pahami lebih dalam lagi tentang doa mandi junub lengkap dengan tata cara pelaksanaannya yang benar. Karena mandi junub menjadi sangat penting apalagi bagi pasangan suami isteri, hal ini berhubungan dengan kelangsungan ibadah kita kepada Yang Maha Kuasa maka wajib membersihkan diri.

Sudah Tahu Mandi Junub? Inilah Doa Mandi Junub dan Tata Cara yang Benar

Sumber: 955169 from www.pixabay.com

Doa atau Niat Mandi Junub

Doa tau niat untuk mandi wajib atau mandi junub ini terbagi menjadi beberapa katagori yaitu secara umum, lalu doa untuk pria, doa untuk wanita setelah haid, dan doa untuk wanita setelah nifas sebagai berikut:

  • Doa Mandi Junub Secara Umum

"Bismillahirahmanirahim Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbari fardhol lillahi Ta'ala.” Yang artinya: "Dengan Menyebut Nama Allah Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardu karena Allah Ta’ala."


  • Doa Mandi Junub untuk Pria

"Bismillahirahmanirahim  Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta'ala." Yang artinya: "Dengan Menyebut Nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena allah ta'ala."


  • Doa Mandi Junub untuk Wanita Setelah Haid

"Bismillahirahmanirahim  Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil haidi lillahi Ta'ala.” Yang artinya: "Dengan Menyebut Nama Allah Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta’ala."


  • Doa Mandi Junub untuk Wanita Setelah Nifas

"Bismillahirahmanirahim Nawaitul ghusla liraf'il hadatsil nifas lillahi Ta'ala.”

Yang artinya: "Dengan Menyebut Nama Allah Aku niat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari nifas karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Mandi Junub yang Benar Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

  1. Mulailah dengan membaca niat dari mandi junub atau mandi wajib sesuai dengan yang sudah dijelaskan di atas, karena perlu diketahui bahwa membaca niat hukumnya wajib. Cara membaca niat ini bisa dilafalkan sembari menghafalkan niatnya, atau boleh juga dengan mengucapkan dalam hati saja.

  2. Membasuh kedua tangan sebanyak 3x sesuai dengan sunnah dari Rasulullah SAW

  3. Bersihkan bagian kemaluan anda juga bagian tubuh lainnya yang sering dianggap kotor alias tersembunyi seperti lubang dubur, pusar, ketiak, sampai sela-sela jari kaki, jangan lupa bersihkan dengan tangan kiri ya.

  4. Ulangi mencuci tangan kiri dan kanan setelah anda gunakan untuk membersihkan bagian tersembunyi yang sudah dijelaskan di poin ketiga, bilas dengan air juga sabun untuk menjaga kebersihan kedua tangan anda.

  5. Selesai mandi jangan lupa untuk melakukan wudhu seperti ketika anda hendak melaksanakan sholat.

BACA JUGA : RUKUN IMAN
  1. Jangan lupa untuk membasuh rambut juga kepala atau lebih mudahnya adalah keramas dengan jari jemari yang sudah dibasahi air bersih juga shampoo agar lebih steril lagi.

  2. Siram kepala anda dengan air sebanyak 3x sampai semua bagian kepala, rambut juga kulit basah terguyur air.

  3. Terakhir guyur tubuh dengan merata dari ujung rambut sampai ujung kaki, jangan lupa untuk membasuh bagian kanan dulu baru dilanjutkan ke bagian kiri.

Seperti itulah tadi doa atau niat dari mandi junub atau juga sering disebut dengan mandi wajib, lengkap dengan tata cara pelaksanaan yang benar. Lantas tunggu apa lagi? Jangan sampai hadas besar mengganggu kelangsungan ibadah anda kepada Yang Maha Menguasai Semesta Alam, karena hidup hanya sekali jangan sia-siakan waktu anda.


Comments