Resep Pisang Goreng Pasir Topping Coklat Lumer Yang Nikmat, Cocok Untuk Ide Jualan


            Bukan pisang goreng yang seperti biasanya, nama pisang goreng yang satu ini yaitu pisang goreng pasir. Pisang goreng pasir bukan berarti pisang goreng ini digoreng di pasir ataupun menggunakan pasir. Tetapi maksud dari penamaan pisang goreng pasir ini adalah tepung roti atau tepung panir yang melapisi pisang tersebut terasa renyah dan juga halus sehingga bisa dibilang seperti layaknya pasir. 

Biasanya jenis pisang yang digunakan untuk pisang goreng pasir adalah pisang kepok, namun jika ingin menggunakan jenis pisang lain juga bisa yaitu seperti pisang uli. Pokoknya jenis pisang yang memiliki tekstur lembut dan rasanya manis serta aromanya juga manis, kalau bisa yang ukurannya kecil sampai sedang jangan yang terlalu besar.

Jaman sekarang ini sudah banyak pedagang yang menjual pisang goreng pasir. Hal ini karena banyaknya peminat tetap dari pisang goreng pasir. Rasa dari pisang goreng pasir yaitu luarnya yang krispi namun memiliki tekstur lembut serta manis dibagian dalam yang terdapat pisangnya.

Banyaknya peminat tetap tadi-lah, Anda bisa menjadikan pisang goreng pasir ini sebagai ide jualan. Namun supaya lebih menarik atau berbeda dari yang lain, bisa kreasikan dengan menambahkan topping-topping yang modern sehingga menarik minat dari kalangan anak-anak milenial.

Jika bingung, di artikel ini akan dibahas resep dari membuat pisang goreng pasir topping coklat lumer yang nikmat dan bisa dijadikan ide jualan.


Resep Pisang Goreng Pasir Topping Coklat Lumer


  • Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pisang goreng pasir topping coklat lumer.

  1. Pisang kepok atau pisang uli membutuhkan 1 sisir atau 10 buah (sudah dikupas dari kulitnya dan dibelah menjadi dua bagian, bisa juga dibagi menjadi 4)

  2. Tepung roti/panir membutuhkan 200 gram (bila kurang bisa ditambahkan)

  3. Tepung terigu segitiga membutuhkan 5 sdm

  4. Gula pasir membutuhkan 1 sdm

  5. Garam secukupnya

  6. Margarin membutuhkan 1 sdm

  7. Air secukupnya

  8. Minyak sebutuhnya untuk menggoreng


Untuk topping coklat lumer

  1. Air secukupnya

  2. Chocolatos bubuk 1 bungkus

  3. Susu coklat atau kental manis coklat 1 sachet

  4. Maizena membutuhkan ½ sdm

  5. Margarin secukupnya (disarankan menggunakan Blue Band)

  6. Keju secukupnya (sudah diparut)


  • Langkah Membuat

  1. Siapkah wadah kosong. Lalu masukkan adonan basah yang terdiri dari tepung terigu segitiga, gula pasir, garam secukupnya, margarin dan air secukupnya. Campur dan aduk kesemua bahan tadi hingga adonan seperti layaknya adonan pisang goreng.

  2. Jika dirasa sudah, bisa masukkan pisang yang sudah dikupas dan dibelah menjadi dua bagian lalu balurkan adonan pisang sampai seluruh bagian rata dengan adonan basah.

  3. Untuk selanjutnya masukkan pisang yang sudah dibaluri tepung basah tadi dengan tepung roti atau panir.

  4. Panaskan minyak yang cukup banyak di wajan untuk menggoreng pisang, jika sudah panas masukkan pisang gorengnya. Goreng hingga pisang warnanya menjadi kuning keemasan.

  5. Jika sudah, angkat pisang goreng dan tiriskan hingga minyak tiris sepenuhnya. Sisihkan

  6. Lanjut pada tahap topping. Masukkan bahan-bahan topping coklat kecuali keju dan margarin kedalam panci setelah itu campur dan masak diatas kompor dengan api kecil. Setelah keluar buih, beri margarin secukupnya lalu aduk dan tunggu hingga dingin.

  7. Terakhir bisa masukkan pisang goreng kedalam topping coklat. Bisa keseluruh bagian pisang ataupun hanya disisi atasnya saja. Terakhir beri parutan keju. Dan pisang goreng topping coklat lumer siap dijual.



Itu tadi resep membuat pisang goreng pasir topping coklat lumer. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi ide jualan Anda nantinya.


Baca juga: Resep Besengek Tempe Telur Kikil, Lezat & Mudah!


Comments