Karakter Ultraman dengan Penggemar Paling Banyak Sepanjang Masa

Siapa yang tidak tahu tentang seri Ultraman? Ultraman merupakan serial tokusatsu yang diproduksi oleh Tsuburaya Productions yang bercerita tentang pahlawan super, yaitu Ultraman. Serial ini diciptakan oleh Eiji Tsuburaya yang lahir pada tanggal 7 Juli tahun 1901 di Jepang. Penayangan serial Ultraman dilakukan pada jaringan televisi TBS. 


Ultraman diproduksi dalam 3 periode, yaitu Showa (tahun sebelum 1990), Heisei (1990-2019), dan Reiwa (tahun setelah 2019). Umumnya, seri ultraman diproduksi setiap tahun. Namun pada tahun 1982 hingga 1995 proses produksi mengalami vakum. Hal ini menyebabkan pada tahun 2007 Ultraman baru memiliki 15 seri.


Pada periode Showa, cerita Ultraman saling berhubungan di setiap serinya. Dalam periode ini mereka tinggal di Universe Showa Ultraman. Semenjak periode Heisei, cerita Ultraman mulai berkembang dan tidak berkaitan dengan cerita sebelumnya. Periode Reiwa dimulai dengan series Ultraman Z.


Mengenal Karakter Ultraman yang Banyak Diminati Penggemar

Seperti diketahui bahwa Ultraman bercerita tentang pasukan yang menjaga bumi dari berbagai serangan para monster. Dalam kisahnya diceritakan salah satu anggota pasukan ini akan berubah menjadi pahlawan raksasa yang menghancurkan monster. Berikut ini karakter Ultraman yang sering muncul dan yang paling banyak diminati :


  1. Ultraman 



Ultraman tayang pada tahun 1966 sampai 1967 dan menjadi awal mula terbentuknya pahlawan raksasa di Jepang. Kisahnya terjadi pada tahun 1990-an dengan menampilkan keunikan cara bertarung serta jurus pamungkas. Hal ini menjadikan Ultraman sebagai idola bagi anak-anak pada masa itu.


Bahkan banyak bermunculan spin-off, parodi, plagiat, sekuel, hingga remake pada masa setelah serial Ultraman ditayangkan. Karakter yang satu ini juga yang menginspirasi muculnya The Return of Ultraman yang ditayangkan pada tahun 1971 sampai 1972. 


  1. Ultra Seven



Banyak yang mengira bahwa Ultra Seven merupakan kelanjutan dari Ultraman. Namun kenyataannya, kisah dari seri ini berdiri sendiri. Karakter ini muncul pada tahun 1967 sampai 1968 dan sering kali di luar Jepang pengejaannya kurang tepat menjadi Ultraman Seven.


Dari segi penampilan, karakter ini sangat berbeda. Ultra Seven memiliki senjata pamungkas berupa sabit besi yang berada diatas kepalanya. Kemunculan Ultra Seven menjadi awal mula terbentuknya Ultra Family di masa yang akan datang. Karakter ini juga pernah muncul di dua episode The Return of Ultraman.


  1. Ultraman Taro



Karakter yang satu ini dianggap memiliki silsilah keluarga yang paling jelas di Ultra Family. Hal ini dikarenakan Ultraman Taro memiliki Mother of Ultra dan Father of Ultra. Ultraman Taro memiliki bentuk kepala dengan tanduk menyerupai banteng pada sisi kanan dan kirinya. Selain itu juga terdapat cakram namun tidak untuk dijadikan senjata.


  1. Ultraman Tiga



Ultraman Tiga mulai ditayangkan pada tahun 1996 sampai 1997 dengan daftar serial paling panjang pertama setelah sebelumnya vakum lebih dari 15 tahun. Sebagai generasi yang kesebelas, Ultraman Tiga hadir dengan sentuhan yang lebih modern dan teknologi visual yang canggih.


  1. Ultraman Dyna



Karakter dari Ultraman Dyna memiliki unsur visual yang hampir sama dengan Ultraman Tiga. Namun kesamaan unsur ini tidak membuat alur cerita Ultraman Dyna menjadi basi. Ultraman Dyna menceritakan kisah yang terjadi setelah sembilan tahun dari Ultraman Tiga. Seri ini memiliki episode sebanyak 51 yang tayang pada tahun 1997 sampai 1998. 


  1. Ultraman Nexus



Perbedaan yang mencolok antara Ultraman Nexus dengan seri sebelumnya adalah banyaknya unsur yang hanya boleh dilihat oleh penonton remaja hingga dewasa. Unsur ini berkaitan dengan tokoh dan alur cerita yang lebih rumit dan berat. Seri ini banyak disukai oleh para remaja. Namun rating nya anjlok ketika ditayangkan.


Comments